Artikel dari Kategori : Profil

Aktifitas belajar dan faktor yang mempengaruhinya

Proses belajar

Ilpi Zukdi | Jumat, 08 Mei 2015 - 17:31:43 WIB | dibaca: 477 pembaca

JENIS AKTIFITAS BELAJAR

Banyak aktifitas yang dapat dilakukan eserta didik dalam proses belajar. Aktifitas-aktifitas yang dilakukan bertujuan untuk mentransfer pengetahuan dari sumber belajar. Menurut Diedrich (dalam Nasution, 1994:91) Aktifitas belajar dapat digolongkan kedalam 177 macam kegiatan yang dapat dibagi ke dalam 8 kelompok aktifitas belajar, yaitu :

1.  Visual eativities seperti membaca, memperhatikan, gambar, demonstrasi, percobaan, pekerjaan orang lain dan sebagainya,

2.  Oral activities seperti menyatakan, merumuskan, bertanya, memberi saran, mengeluarkan pendapat, mengadakan intierview, diskusi, interupsi dan sebagainya,

3.  Listening activities seperti mendengarkan uraian, ercakapan, diskusi, music, pidato dan sebagainya,

4.  Writing activities  seperti menulis cerita, karangan, laporan, tes, angket, menyalin dan sebagainya,

5. Drawing activities seperti menggambar, membuat grafik, peta, diagram, pola dan sebagainya,

6.  Motor activities seperti melakukan percobaan, membuat konstruksi, model, mereparasi, bermain, berkebun, memelihara binatang dan sebagainya,

7.  Mental activities seperti menanggap, mengingat, memecahkan soal, menganalisis, melihat hubungan, mengambil keputusan dan sebagainya,

8. Emosional activities seperti menaruh minat, merasa bosan, gembira, berani, tenang, gugup dan sebagainya.

 

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AKTIFITAS BELAJAR

 

Sebagai suatu proses, maka belajar harus ada yang diproses yaitu berupa masukan, proses itu sendiri dan hasil dari proses. Di dalam proses belajar, juga turut berpengaruh lingkungan dan berfungsi sejumlah faktor yang senagaj dirancang dan dimanipulasikan guna menunjang tercapainya keluaranyang diehendaki.

Secara garis besar, faktor yang mempengaruhi proses belajar menurut Purwanto (1987:112) dapat dibagi kepada dua macam, yaitu faktor dari luar dan faktor dari dalam. Faktor dari luar terkait dengan lingkungan dan instrumental. Faktor lingkungan dapat dilihat dari dua kondisi yang berpengaruh terhadap aktivitas belajar, yaitu lingkungan alami/fisik dan lingkungan sosial berasa dari alam dan sosial Pada faktor alam/fisik misalnya lingkungan eksternal yang berbentuk cuaca (suhu, udara, kelembaban, mendung dan hujan), waktu (pagi, siang, sore dan malam) tempat dilaksanakan kegiatan belajar seperti kebersihan, letak tempat belajar, pengaturan ruang belajar, susunan kelas. Penenrangan seperti apakah memakai listrik atau cahaya matahari melalui ventilasi.

Faktor-faktor yang disebutkan di atas akan berpengaruh kepada peserta didik yang sedang melakukan proses belajar. Belajar pada suhu udara yang segar akan lebih enak dan nyaman bila dibandingkan dengan keadaan udara yang panas.

Pada aspek lingkungan sosial dapat berwujud manusia atau refresentasinya. Sebagai contoh : guru yang dianggap pavorit oleh peserta didik akan menimbulkan kegairahan belajar tersendiri  bagi peserta didik bila dibndingkan dengan guru-guru lain yang kurang diminati. Begitu pula dari segi pendekatan, guru yang memunyai pendekatan yang akrab, menyenangkan dan memperhatikan peserta didik, secara tidak langsung akan membuat peserta didik selalu senang mengikuti kegiatan-kegiatan belajar dan dengan sendirinya aktivitas peserta didik akan lebih baik.

Faktor dari dalam menyangkut kepada dua hal yaitu fisiologi dan psikologi. Fisiologi terkait dengan kondisi fisik dan kondisi panca indra. Kondisi fisik yang kurang mendukung seperti sering absen mengikuti kegiatan belajar disebabkan sakit, mengalami masalah pendengaran, penglihatan, merupakan keterbatasan kondisi fisik yang akan mempengaruhi aktivitas belajar. Sementara itu, sikologi menyangkut dengan bakat, minat, keserdasan, motivasi dan kemampuan kognitif.

Darai penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa, banyak faktor yang dapat mempengaruhi aktivitas belajar dan membawa implikasi kepada aktivitas- aktivitas peserta didik baik di dalam mauun di luar jadwal belajar.



Baca Juga Berita Terkait dengan Artikel ini :